Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips memilih dan membeli flash kamera eksternal second

Memilih dan membeli flash kamera sangat di anjurkan untuk fotografer pemula, Secara sederhana Flash kamera adalah alat bantu fotografi yang berfungsi untuk membantu memberikan cahaya ketika objek dirasa terlalu gelap, setingan segitiga exposure dapat  mengatur pencahayaan objek foto dalam frame namun terkadang dalam kondisi tertentu exposure tidak bisa menaikan cahaya jika pemotretan di lakukan di lokasi yang tidak memiliki cahaya alami. Penggunaan falsh eksternal kamera sangat membantu dalam kondisi seperti itu, flash ekternal kamera dapat memanipulasi cahaya atau membuat cahaya butan sehingga hasil foto tetap terlihat terang. Flash ekternal kamera juga dapat digunakan di kondisi yang sudah terang oleh cahaya alami baik itu matahari atau lampu ruangan, flash eksternal dapat meratakan cahaya sehingga foto yang di hasilkan akan terlihat lebih cerah dan detail gambarnya akan lebih terlihat. 

Baca juga perlengkapan fotografi bagi pemula

Flash kamera dlsr dibagi menjadi dua bagian, ada flash kamera internal ada flash kamera eksternal. Flash kamera internal adalah flash yang sudah terpasang di kamera dlsr atau flash bawaan kamera yang terletak dibagian atas kamera, flash ini berfungsi sama dengan flash eksternal yaitu memberikan tambahan cahaya untuk objek foto di kondisi minim cahaya, namun penggunaan flash kamera internal jarang sekali digunakan, selain cahayanya yang kurang merata flash ini juga memberikan efek bayangan di belakan objek yang tentunya sangat mengganggu. Kedua, flash kamera eksternal. Flash kamera eksternal adalah flash yang bukan bawaan kamera flash ini di pasang untuk memberikan cahaya tambahan, keunggulan dari flash ini adalah penggunaannya yang dapat di atur oleh kita, seperti arah tembak cahaya yang bisa di sesuaikan dengan kondisi foto yang ingin di hasilkan, kekuatan cahaya dan daya tembaknya juga dapat di atur oleh kita.

baca juga 7 komposisi dasar fotografi

Di pasaran banyak dijual berbagai macam jenis flash eksternal yang bisa sobat beli, namun sobat harus pandai memilih jenis flash apa yang sesuai dengan kamera sobat, berikut adalah Tips memilih flash eksternal yang dapat sobat terapkan sebelum mebeli flash eksternal kamera.

Baca juga tips membeli kamera second

Cara memilih flash eksternal sama seperti memilih perlengkapan kamera lainnya, sebagai benda elektronik tentunya memilih flash juga harus di perhatikan sensor dan fungsi didalamnya. Apalagi jika sobat berencana untuk membeli flash eksternal kamera second.

Membeli flash kamera second berarti membeli flash bekas pakai yang tentunya akan beresiko jika sobat tidak memahami dan mengerti tentang flash kamera.

Baca juga mode AF Area kamera

Membeli falsh kamera second memang menggiurkan karena harganya yang lebih murah jika dibandingkan dengan harga flash baru. Harga sebuah flash baru paling murahnya saja bisa di hargai satu jutaan rupiah bandingkan dengan harga flah second yang di pasaran dijual mulai sekitar 500 ribuan saja.

apa saja yang harus di perhatikan saat memilih flash kamera eksternal.? Berikut adalah

Tips memilih dan membeli flash kamera eksternal second

Tips memilih dan membeli flash kamera eksternal second











1. Kinerja flash 

Cek kinerja flash yang akan sobat beli, pengecekan kinerja meliputi kekutan paling besar dari flash, cari flash yang memiliki angka panduan yang besar, kinerja atau tenga pada flash tentunya berpengaruh pada kekuatan cahaya yang nantinya akan di keluarkan oleh flash, flash dengan tenaga yang masih bagus akan membantu sobat untuk meningkatkan jarak pendar cahaya dari flash.

baca juga Rumus Dasar Fotografi Segitiga Exposure

2. Display pengaturan

Cek display pengaturan pada flash yang akan sobat beli, dispay pengaturan berfungsi untuk mengetahui pengaturan cahaya yang akan di keluarkan oleh flash, tentu dengan adanya dispay pengaturan ini sobat tidak hanya mengira ngira saja pengaturan cahayanya tetapi sobat dapat menentukan dengan tepat tentang power dan juga zoom dari flash yang sobat miliki itu, jadi sobat dapat memperhitungkan pengaturannya sebelum flash digunakan.

3. Perputaran kepala flash

Flash digunakan untuk memberikan cahaya tambahan kepada objek dengan cara mengarahkan kepala flash ke arah yang sudah sobat tentukan, mengecek perputaran kepala flash harus sobat perhatikan sebelum membeli flash, perputaran kepala flash yang baik selain dapat memudahkan sobat mengarahkan posisi flash juga dapat mengoptimalkan arah pencahayaan yang dibutuhkan baik untuk jenis foto potrait maupun landscape.

Nah itulah Tips memilih dan membeli flash kamera eksternal second, membeli flash kamera murah dengan kondisi second bisa menjadi pilahan sobat untuk memiliki sebuah flash eksternal kamera dengan harga yang murah namun tetap memiliki kualitas yang masih bagus.

Semoga postingan ini bermanfaat

Terima kasih